Melanjutkan bahasan membuat blog berbahasa Indonesia, kali ini saya akan coba share bagaimana cara saya membangun blog dari awal
hingga mendatangkan ribuan pengunjung dari search engine khususnya
google. Metode yang saya sampaikan disini adalah berdasarkan pengalaman saya , jadi belum tentu anda semua sepakat dengan metode yang saya gunakan.
Dan jika anda ngerasa thread ini tidak cocok dengan anda, cukuplah
metode ini jadi diversifikasi pengetahuan anda tentang blog building.
Ok, langsung saja saya share bagian pertama.
I. Riset Keyword
Hal yang paling mendasar dan paling penting dalam menentukan sukses
tidaknya blog anda adalah riset keyword. Keyword yang anda gunakan
haruslah keyword yang memiliki banyak pencari di google (paling tidak
minimal 1000 pencarian/bulan). Tool yang saya gunakan cukup Google
Adwords tool. Buat saya tool ini sudah lebih dari cukup buat riset
keyword.
Secara umum riset keyword ini saya bedakan menjadi 3 macam:
- Riset keyword untuk keyword sepanjang masa.
Maksud keyword sepanjang masa ini adalah keyword-keyword yang selalu ada pencarinya sepanjang tahun. Contoh keyword sepanjang masa adalah: Resep Masakan, Download Software, Download Lagu, Tafsir Mimpi, Foto Artis, Download Blogger Template, Belajar Bahasa Inggris dan lain-lain. Keyword-keyword tersebut selalu ada pencarinya sepanjang tahun, tidak peduli sedang musim kemarau atau musim penghujan. - Riset keyword untuk keyword musiman.
Yang di maksud keyword musiman adalah keyword yang di cari orang hanya pada saat-saat tertentu. Contohnya adalah keyword "hadiah valentine" atau "hadiah natal". Keyword-keyword tersebut tidak akan ada pencarinya pada saat musim lebaran atau musim durian hehe.
Yang termasuk keyword ini juga adalah keyword-keyword yang berhubungan dengan suatu produk, khususnya produk-produk yang mempunyai masa edar tidak lama. Contohnya keyword "review samsung galaxy note" atau "harga BlackBerry gemini". Jumlah pencari keyword ini akan sangat tergantung pada kesuksesan dan berapa lama produk tersebut beredar di pasaran. Jika produk tersebut telah kadaluarsa atau hilang dari peredaran, tentunya pencarinya juga akan jauh berkurang. Contoh : sekarang pasti tidak ada satupun manusia di dunia ini yang mencari keyword "review nokia 3315", bukan? - Riset keyword untuk Keyword Trend atau News.Yang termasuk keyword ini adalah keyword yang berhubungan dengan Trend atau Berita yang sedang berkembang saat ini. Contoh: "Misteri jatuhnya pesawat Sukhoi" atau "Anang-Ashanty menikah".
1. Ok, kita langsung menuju pembahasan pertama tentang riset keyword sepanjang masa. Tool yang kita gunakan adalah Google Keyword Tool kepunyaan Google Adwords.
Silahkan anda login ke akun adwords anda, kalau misalkan belum punya silahkan daftar dulu, toh juga gratis. Kemudian masuk ke menu: Alat dan Analisis >> Alat Bantu Kata Kunci.
Perhatikan gambar dibawah:
Silahkan anda login ke akun adwords anda, kalau misalkan belum punya silahkan daftar dulu, toh juga gratis. Kemudian masuk ke menu: Alat dan Analisis >> Alat Bantu Kata Kunci.
Perhatikan gambar dibawah:
Misal saya ngambil kata kunci utama: Jantung.
Masukan kata "jantung" dikolom "kata atau frasa" (angka 1)
Pilih "lokasi" "Bahasa" dan "perangkat". Karena target kita adalah pasar lokal, maka untuk bahasa dan perangkat pilih saja Indonesia. Sedangkan perangkat pilih saja "desktop dan laptop". (angka 2)
Kemudian beralih ke menu di sebelah kiri, pada pilihan "jenis pencocokan" silahkan dipilih "[persis]", (angka 3) jangan memilih yang "melebar", karena hasil pencariannya tidak menunjukkan jumlah yang sebenarnya.
Kemudian Klik "telusuri"
Masukan kata "jantung" dikolom "kata atau frasa" (angka 1)
Pilih "lokasi" "Bahasa" dan "perangkat". Karena target kita adalah pasar lokal, maka untuk bahasa dan perangkat pilih saja Indonesia. Sedangkan perangkat pilih saja "desktop dan laptop". (angka 2)
Kemudian beralih ke menu di sebelah kiri, pada pilihan "jenis pencocokan" silahkan dipilih "[persis]", (angka 3) jangan memilih yang "melebar", karena hasil pencariannya tidak menunjukkan jumlah yang sebenarnya.
Kemudian Klik "telusuri"
Setelah itu akan muncul daftar kata kunci yang berhubungan dengan kata jantung.
Klik "ide kata kunci" (angka 4) untuk menampilkan kata kunci berdasarkan jumlah pencarian, bukan berdasarkan kategori.
kemudian klik "penelusuran bulanan lokal" (angka 5) untuk mengurutkan jumlah pencari kata kunci tersebut dari yang paling tinggi menuju ke yang lebih rendah.
Jika sudah diurtkan berdasarkan jumlah pencarian lokal, sekarang waktunya memilih kata kunci yang hendak dipakai.
Klik "ide kata kunci" (angka 4) untuk menampilkan kata kunci berdasarkan jumlah pencarian, bukan berdasarkan kategori.
kemudian klik "penelusuran bulanan lokal" (angka 5) untuk mengurutkan jumlah pencari kata kunci tersebut dari yang paling tinggi menuju ke yang lebih rendah.
Jika sudah diurtkan berdasarkan jumlah pencarian lokal, sekarang waktunya memilih kata kunci yang hendak dipakai.
Pada contoh kata kunci jantung diatas, hasil pencarian terbanyak setelah kata kunci jantung adalah "penyakit jantung". kata kunci seperti ini layak anda ambil karena jumlah pencarian lokalnya mencapai 8100
kali. Artinya jika anda menggarap kata kunci ini, kemudian blog anda
bisa menempati posisi pertama hasil pencarian google, berarti paling
tidak anda bisa mendapatkan pengunjung sekitar 60% x 8100 = 4860
pengunjung per bulan. Jika dihitung perhari anda bisa mendapatkan
pengunjung sekitar 162 orang, itu hanya untuk satu kata kunci.
Namun sebelum memutuskan kata kunci mana yang hendak anda ambil,
silahkan masuk ke google.co.id, dan masukan kata kunci "penyakit
jantung". dan lihat jumlah saingan dari kata kunci tersebut. banyak
master yang mengatakan bahwa salah satu cara mengukur tingkat kesulitan
persaingan di halaman pertama adalah dengan cara melihat pagerank dari
masing2 blog yang telah eksis di halaman pertama. Apabila nilai pagerank
blog peringkat 1 - 10 dijumlahkan dan lalu dibagi sepuluh, didapatlah
pagerank rata2. Jka hasilnya kurang dari 2 berarti tingkat persaingannya
mudah. jika lebih dari itu berarti lebih susah. Ane sendiri tidak
terlalu menganut metode itu, kalo ane hanya melihat title, description
dan permalink dari masing2 blog yang muncul di halaman pertama. Jika
kebanyakan hasil pencarian yang masuk halaman pertama adalah "halaman
dalam" dari blog (misal www .kesehatan.com/cara-mengobati-penyakit-jantung) maka halaman2 seperti ini bisa lebih mudah dikalahkan daripada "halaman index" misal: www .penyakitjantung.com
Jika anda hendak mengambil kata kunci tersebut menjadi nama domain anda,
anda bisa mengambil kata kunci yang saingannya dibawah 10 juta, atau
dibawah 5 juta jika anda masih pemula. Atau jika anda rasa saingan anda
banyak "halaman dalam" seperti contoh diatas, anda ambil aja kata kunci
tersebut walaupun saingannya lebih dari 10 juta. segera cek domain
keyword tersebut, apakah masih tersedia atau tidak. Jika sainganya
diatas 10 juta usahakan mengambil domain ekstensi .com, .net atau .org.
Kalau ambil .info akan membutuhkan usaha lebih untuk bisa nangkring
dihalaman pertama.
Setelah keyword utamanya dijadikan nama domain, keyword-keyword lain hasil research di google adwords yang berada dibawahnya bisa anda gunakan sebagai keyword didalam postingan anda.
Jadi misalkan anda mengambil kata kunci utama "penyakit jantung", jadikan keyword tersebut sebagai nama domain anda, misal: Penyakitjantung.com, Penyakitjantung.net atau Penyakitjantung.org (kebetulan domain pada contoh kali ini, domainnya udah diambil orang semua), kemudian keyword-keyowrd lainnya yang pencariannya lebih sedikit (gejala penyakit jantung, jantung koroner, penyakit jantung koroner, gagal jantung, kesehatan jantung dll) jadikan sebagai keyword didalam postingan. Satu postingan satu keyword.
Setelah keyword utamanya dijadikan nama domain, keyword-keyword lain hasil research di google adwords yang berada dibawahnya bisa anda gunakan sebagai keyword didalam postingan anda.
Jadi misalkan anda mengambil kata kunci utama "penyakit jantung", jadikan keyword tersebut sebagai nama domain anda, misal: Penyakitjantung.com, Penyakitjantung.net atau Penyakitjantung.org (kebetulan domain pada contoh kali ini, domainnya udah diambil orang semua), kemudian keyword-keyowrd lainnya yang pencariannya lebih sedikit (gejala penyakit jantung, jantung koroner, penyakit jantung koroner, gagal jantung, kesehatan jantung dll) jadikan sebagai keyword didalam postingan. Satu postingan satu keyword.
2. Riset Keyword Musiman
Langkah riset keyword ini sama dengan langkah riset untuk keyword sepanjang masa.
Namun ada langkah selanjutnya yang harus anda kerjakan. misalkan dari
langkah pertama di atas anda memilih kata kunci "review samsung galaxy"
silahkan anda menuju ke Google Trends, kemudian masukan kata kunci tersebut kedalam form yang di sediakan.
Lihat gambar di bawah ini:
Silahkan lakukan pengaturan seperti pada gambar pertama. Grafik yang
muncul seperti pada gambar menunjukan trend pencarian keyword tersebut
(panah warna merah). Jika grafiknya semakin naik berarti trend
pencariannya juga semakin banyak dan begitu juga sebaliknya.
Melalui langkah ini anda juga bisa mendapatkan tambahan keyword baru dari hasil pencarian Google Insights seperti yang terlihat pada gambar 2, pada bagian Top searches dan Rising searches.
Melalui langkah ini anda juga bisa mendapatkan tambahan keyword baru dari hasil pencarian Google Insights seperti yang terlihat pada gambar 2, pada bagian Top searches dan Rising searches.
No comments:
Post a Comment